Resep Sop Ayam Kacang Merah Gampang dan Sehat

Resep Masakan Gampang


Tumbuhan dengan nama latin Phaseolus vulgaris mungkin jarang Anda dengar namun ketika menyebutkan nama tumbuhan kacang merah saya yakin Anda sering mendengar nama tumbuhan tersebut. Phaseolus vulgaris adalah nama lain dari tumubuhan yang masuk dalam keluarga atau genus dari kacang kacangan. Dan mempunyai kekerabatn dengan kacang kedelai,kacang hijau dan berbagai macam kacang lainnya. Namun yang menjadi ciri khas dari kacang ini adalah warna nya yang merah.Penamaaan kacang merah mengacu pada warna dari kulit kacang tersebut hal yang sama juga terjadi dengan kacang hijau.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan


Bagi sebagian penderita kolestrol,mengkonsumsi kacang atau makanan yang terbuat dari olahan kacang sangatlah berbahaya karena mampu meningkatkan gula darah sehingga para pengidap penyakit kolestrol atau pun diabetes sangat menghindari makan atau pun olahan dari kacang-kacangan. 
 
Namun perlu diketahui mengkonsumsi kacang ataupun makanan olahan dari kacang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang lazim bisa memberikan efek baik bagi tubuh karena dalam kacang-kacangan itu sendiri,disini saya ambil contoh kacang merah banyak mengandung serta,karbohidrat kompleks,asam lemak,omega 3,vitamin A,vitamin C,kalsium serta magnesium yang baik bagi tubuh.

Masakan Sehat Sop Ayam Kacang Merah


Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan salah satu resep olahan yang menggunakan bahan baku dari kacang merah yaitu Sop Ayam Kacang Merah. Dan berikut adalag resepnya:

masakan sehat sup ayam kacang merah


Bahan-bahan

    Ayam potong
masakan sehat sop ayam kacang merah

   Kacang merah segar 


Daun bawang dan seledri

masakan sehat sop ayam kacang merah

Tomat 
masakan sehat sop ayam kacang merah

   300 Gram Wortel
       
Bumbu-bumbu:

    8 Buah bawang merah
    1/2 Sendok teh Merica bubuk
    1/2 Sendok teh pala bubuk

Cara Membuat Sop Ayam Kacang Merah:

  • Ayam potong yang sudah disiapkan kemudian dicuci
  • Setelah panaskan panci guna merebus kacang merah yang sebelumnya telah dicuci,rebus selama 8 menit kemudian tiriskan
  • Beralih ke bahan lain yaitu wortel cuci bersih wortel tersebut kemudian iris panjang lalu tiriskan
  • Setelah itu iris juga tomat menjadi beberapa bagian kecil
  • Kemudian daung bawang iris juga menjadi potongan-potongan kecil lalu tiriskan
  • Setelah itu haluskan bumbu seperti bawang merah,merica bubuk serta pala bubuk
  • Setelah itu didihkan air sebanyak 100 mililiter,setelah mendidih kemudian masukkan ayam yang sudah dicuci bersih tadi.
  • Setelah setengah mendidih bersihkan air yang diatasnya terdapat busa busa kecil,setelah itu masukkan beberapa potongan tomat serta irisan wortel
  • Kemudian setelah itu masukkan bumbu bumbu yang sudah disiapkan lalu hingga kuah kaldu berubah warna dan ayam serta kacang menjadi lunak.
  • Lalu berikan juga garam secukupnya
  • Jangan lupa untuk dicicipi agar mendapat rasa yang sesuai keinginan Anda.