Resep Teh Tarik Cincau Gampang dan Sehat

Resep Masakan Gampang


Cincau?? Pernahkah kalian makan cincau atau minum es cincau?? Kami yakin kalian pasti pernah makan atau minum cincau. Cincau sangat digemari di masyarakat Indonesia. Apalagi menjelang bulan puasa saat ini dimana orang-orang sudah mempersiapkan bahan bahan untuk membuat es cincau. Namun yang kami bahas saat ini buka mengenai Es Cincau melainkan hal lain. Seperti kita ketahui bahwa cincau merupakan hasil olahan dari tumbuhan yang memiliki nama latin (Mesona spp.). Olahan dari tumbuhan tersebut berwarna hitam dan biasanya dipotong kotak-kotak. Di Indonesia sendiri cincau memiliki banyak nama di Jawa sendiri biasa disebut dengan janggelan dan lain sebagainnya.

Tidak hanya digemari,cincau juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.Salah satunya ialah untuk obat diare. Di dalam cincau terdapat senyawa alkaloid pada daun cincau mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin B yang dapat mengatasi diare setelah dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Senyawa alkaloid akan membantu membunuh kuman penyakit yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

Minuman Sehat


minuman sehat

Selain itu cincau juga bagus untuk pencegahan osteoporosis karena kandungan mineral magnesium, kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dalam daun cincau bermanfaat untuk regenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos. Kandungan yang bermanfaat ini, untuk memberi nutrisi tulang dalam pembentukan sel-sel darah yang rusak. Dengan demikian kesehatan tulang meskipun mencapai usia tua dapat lebih terjaga.
Kali ini kami akan memberikan resep yang berbeda dalam mengolah cincau salah satunya ialah membuat cincau menjadi teh tarik. Langsung saja berikut ini adalah resepnya:

Bahan-bahan:


Cincau hitam  
minuman sehat

Teh bubuk
minuman sehat

 
Es batu secukupnya 
minuman sehat

 

Gula pasir secukupnya 

minuman sehat



250 ml susu cair putih
500 liter air


Alat

  • Panci Rebus
  • Penyaring
  • 2 Wadah kosong


Cara Membuat Es Teh Tarik Cincau Gampang dan Sehat


  • Rebus air dan teh sampai mendidih. Kemudian angkat dan saring.
  • Tambahkan gula secukupnya ke dalam air teh, kemudian aduk rata, lalu tempatkan ke dalam wadah bersih.
  • Masukkan susu ke dalam wadah teh, aduk rata dahulu.
  • Siapkan wadah bersih yang kosong, tuangkan teh ke dalam wadah kosong tersebut sambil ditarik ke atas secara bergantian dengan wadah yang berbeda.
  • Lakukan berulang kali sampai teh mengeluarkan busa
  • Setelah itu diamkan sebentar sampai suhu ruangan.
  • Masukkan cincau hitam ke dalam gelas bersih dan jangan lupa tambahkan es batu.
  • Kemudian tuangkan teh tarik ke dalam gelasnya dan teh tarik siap
Demikianlah informasi mengenai Resep Teh Tarik Cincau yang Gampang dan Sehat. Cukup mudah dan kami yakin Anda semua bisa membuatnya. Resep tersebut tidak hanya untuk inspirasi Anda dalam membuat minuman yang sehat  namun bisa juga menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Anda juga bisa melihat resep cupcake pisang disini.Dan simak terus informasi mengenai resep terbaru di Resep Masakan Gampang untuk resep masakan lain yang tentunya sehat dan mudah.